Posted on Leave a comment

SEJARAH PARFUME

Parfum sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu – kata “parfum” berasal dari bahasa Latin per fume artinya “melalui asap”. Salah satu kegunaan parfum tertua berupa bentuk pembakaran dupa dan herbal aromatik yang digunakan dalam pelayanan keagamaan. Biasanya yang digunakan untuk aromatik gums, kemenyan dan mur ini dikumpulkan dari pohon. Mesir adalah yang pertama memasukkan parfum ke budaya mereka diikuti oleh Cina kuno, HinduIsraelCarthaginiansArabYunani, dan Romawi. Penggunaan awal dari botol parfum adalah di Mesir sekitar 1000 SM. Mesir menemukan gelas dan botol parfum adalah salah satu penggunaan umum pertama untuk kaca.

Ada berbagai teori tentang asal-muasal parfum, tetapi yang paling umum Mesopotamia, Persia, dan Mesir sama-sama disebutkan sebagai pencipta parfum pertama di dunia. Pembuat parfum pertama adalah seorang kimiawan perempuan bernama Tapputi, yang menciptakan wewangian pertama dengan mur, minyak dan bunga di Babylonian Mesopotamia. Di Mesir, hampir 4000 tahun yang lalu, orang-orang menggunakan wewangian untuk beragam kebutuhan, mulai dari upacara keagamaan hingga persiapan pemakaman, dan bahkan pakaian sehari-hari. Fragrance dianggap keringat Ra, sang dewa matahari, dan karena itu dianggap sebagai atribut suci. Orang Mesir bahkan memiliki dewa parfum bernama Nefertum yang mengenakan gaun kepala yang terbuat dari bunga lili air, yang merupakan salah satu bahan parfum paling umum saat ini. Orang Persia juga pengagum parfum, dan wewangian sering digunakan sebagai simbol status politik. Tidak lama kemudian ketika orang-orang Yunani dan Romawi mengambil alih Persia dan berkenalan dengan parfum yang mulai dilihat sebagai bentuk seni. Perlahan tapi pasti, wewangian menyebar ke seluruh dunia dan pada tahun 1190, saat parfum datang ke Paris, dan bertumbuh secara komersial dan berkembang menjadi industri besar seperti yang kita lihat dan rasakan hingga kini.

Saat ini sudah lebih dari 30.000 parfum desainer di pasar dan parfum tidak lagi untuk golongan kalangan tertentu. Industri parfum telah mengalami beberapa perubahan dalam teknik, material dan gaya. Semua yang telah menciptakan industri wewangian modern, salah satu yang masih menggabungkan kreativitas, mistik dan asmara bersama dengan pemasaran untuk menarik massa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *